Senin, 21 Desember 2015

Management

Pengertian Manajemen
«  Adalah proses perencanaan, pengorganisasian, menggerakkan serta mengawasi aktivitas-aktivitas sesuatu organisasi dalam rangka upaya mencapai suatu koordinasi SDM dan SDA dalam hal pencapaian sasaran secara efektif dan efisien (Robert L Trewathn & MG. Newport).
«  Adalah proses perencanaan, pengorganisasian, pengarahan, dan pengawasan usaha-usaha para anggota organisasi dan penggunaan sumber daya organisasi lainnya agar mencapai tujuan yang telah ditetapkan (Stoner, 1990 : 8).

Alasan dibutuhkannya manajemen
Ÿ   Untuk mencapai tujuan
Ÿ   Untuk menjaga keseimbangan di antara tujuan-tujuan yang saling bertentangan
Ÿ   Untuk mencapai efisiensi dan efektivitas
     Efisiensi : mengerjakan pekerjaan dengan benar/ tepat  (Peter Drucker)
     Efektivitas : mengerjakan pekerjaan yang benar/tepat (Peter Drucker) 

Unsur-unsur Manajemen
  1. Man  (Manusia)
»        Sangat menentukan; manusia membuat tujuan; melakukan proses kegiatan untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan; tanpa manusia tidak akan ada proses kerja; titik pusat (central point) manajemen.
  1. Money (Uang)
»        Uang (penting) sebagai alat tukar dan alat ukur nilai sesuatu usaha (besar kecilnya perusahaan diukur dari jumlah perputaran uang).
  1. Machines (alat-alat)
»        Peranan mesin sebagai alat bantu kerja, memudahkan melaksanakan pekerjaan, memberikan keuntungan terhadap tenaga kerja, penggunaannya sangat tergantung kepada manusia, mempermudah tercapainya tujuan hidup manusia.
  1. Methods (metode, cara kerja)
»        Tercapai atau tidaknya tujuan sangat tergantung kepada cara melaksanakannya, dengan cara kerja yang baik akan memperlancar dan mempermudah jalannya pekerjaan.
  1. Materials (bahan-bahan, perlengkapan)
»        Manajemen ada karena adanya kegiatan manusia secara bersama-sama untuk mengurus material.
  1. Market (pasar)
»        Fungsi pasar (penting) untuk memasarkan barang-barang hasil produksi sesuatu kegiatan usaha, pasar penting dikuasai, demi kelangsungan proses kegiatan badan usaha atau industri.

Fungsi Manajemen
a)      Planning (Perencanaan)
     Sebelum melakukan sesuatu manajer memikirkan apa tujuan organisasinya, bagaimana mencapainya, bagaimana sumber dayanya, kapan selesainya.
b)      Organizing (Pengorganisasian)
     Bagaimana manajer mengelompokkan kegiatan-kegiatan yang ada dlm organisasinya, menempatkan orang-orang dan  mengalokasi sumber daya.
c)       Actuating/Directing (Pengarahan)
     Bagaimana manajer mempengaruhi bawahan agar mau bekerja dlm mancapai tujuan organisasi.
d)      Controlling (Pengawasan dan pengendalian)
     Bagaimana manajer mengawal seluruh aktivitas dlm organisasinya agar tetap berada pada jalur yang benar (on the right track).

Apa itu Manajer?
þ  Seseorang yang tanggung jawab utamanya melaksanakan proses manajemen
þ  Seseorang yang merencanakan dan membuat keputusan , mengorganisasikan, memimpin, dan mengendalikan sumber daya manusia, finansial, fisik dan informasi.

Jenis Manajer berdasarkan Tingkatnya
  1. Top Managers
ϋ        Sekelompok kecil eksekutif yang mengelola keseluruhan organisasi, mereka menciptakan tujuan organisasi, strategi pencapaian dan kebijakan operasional (CEO, Pres Dir)
  1. Middle Managers
ϋ        Kelompok manajer yang paling banyak dlm organisasi, bertanggungjawab untuk  mengimplementasikan kebijakan dan rencana yang dikembangkan oleh manajer puncak serta untuk mengevaluasi, supervisi  dan mengkoordinasikan pekerjaan manajer bawahannya.
  1. First-Line Managers
ϋ        Mengawasi/supervisi dan mengkordinasikan aktifitas karyawan

Jenis Manajer berdasarkan Bidang Tugasnya
  1. Marketing Managers
ü  Bekerja pada bidang yang berhubungan dengan fungsi pemasaran (pengembangan produk baru, promosi, distribusi, jaringan klien, konsumen)

1        2.    Financial Managers

ü  Terutama berhubungan dengan pengelolaan sumber daya keuangan (acounting, manajemen kas, investasi)

  1. Operations Managers
ü  Berurusan dengan penciptaan dan pengelolaan sistem yang menciptakan produk / jasa perusahaan (pengendalian produksi, pengendalian persediaan, pengendalian kualitas, lay out pabrik dan pemilihan lokasi)

  1. Human Resource Managers
ü  Bertanggung jawab untuk menerima dan mengembangkan karyawan ( human resource planning, recruiting and selecting employees, training and development, designing compensation and benefit systems, formulating performance appraisal systems, and discharging low-performing employees.)

  1. Administrative Managers
ü  Lebih bersifat umum, akrab dengan semua bidang manajemen dari pada berspesialis pada satu bidang

  1. Other Kinds of Managers
ü  Sesuai dengan bidang usaha/tujuan organisasi  ( Public relations managers, R & D managers etc).

 Manajemen Skills
ü  Technical Skill
ü  Keahlian yang diperlukan untuk menyelesaikan atau memahami jenis kerja tertentu yang dilaksanakan dalam suatu organisasi
ü  Conceptual Skill
ü  Kemampuan untuk memahami dan memandang organisasi sebagai satu kesatuan.
ü  Bagaimana semua bagian dlm  organisasi bisa berjalan bersama melalui keputusan yang berbasis pada kepentingan keseluruhan organisasi
ü  Human Skill
ü  Kemampuan untuk memahami, memotivasi dan berkomunikasi dengan individu maupun kelompok

Keputusan Manajemen
Ÿ   Science of Management
û  Banyak masalah manajemen diselesaikan dgn cara rasional, logis, obyektif dan sistematis
û  Dgn menggunakan metode ilmiah masalah manajemen bisa diselesaikan ( model kuantitatif dan berbagai teknik pengambilan keputusan untuk memecahkan masalah).
Ÿ   Art of Management
û  Pemecahan masalah dan pengambilan keputusan sering juga diambil atas dasar intuisi, pengalaman, insting dan pandangan pribadi. 
û  Dgn keahlian konseptual, komunikasi, manajemen waktu, seorang manajer dpt memecahkan masalah yang kadang-kadang tidak bisa dipecahkan dgn dasar ilmu pengetahuan.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

NAMA :
TEMPAT TINGGAL :
KOMENTAR :