Pengertian Manajemen
Apa itu Manajer?
Jenis Manajer berdasarkan Tingkatnya
Jenis Manajer berdasarkan Bidang Tugasnya
Manajemen Skills
« Adalah proses
perencanaan, pengorganisasian, menggerakkan serta mengawasi aktivitas-aktivitas
sesuatu organisasi dalam rangka upaya mencapai suatu koordinasi SDM dan SDA
dalam hal pencapaian sasaran secara efektif dan efisien (Robert L Trewathn
& MG. Newport).
« Adalah proses
perencanaan, pengorganisasian, pengarahan, dan pengawasan usaha-usaha para
anggota organisasi dan penggunaan sumber daya organisasi lainnya agar mencapai
tujuan yang telah ditetapkan (Stoner, 1990 : 8).
Alasan dibutuhkannya manajemen
Ÿ Untuk mencapai tujuan
Ÿ Untuk menjaga keseimbangan di antara tujuan-tujuan yang saling bertentangan
Ÿ Untuk mencapai efisiensi dan efektivitas
→ Efisiensi : mengerjakan pekerjaan dengan benar/ tepat (Peter Drucker)
→ Efektivitas : mengerjakan pekerjaan yang benar/tepat (Peter Drucker)
Unsur-unsur Manajemen
- Man (Manusia)
»
Sangat menentukan; manusia membuat tujuan;
melakukan proses kegiatan untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan; tanpa
manusia tidak akan ada proses kerja; titik pusat (central point)
manajemen.
- Money (Uang)
»
Uang (penting) sebagai alat tukar dan alat ukur
nilai sesuatu usaha (besar kecilnya perusahaan diukur dari jumlah perputaran
uang).
- Machines (alat-alat)
»
Peranan mesin sebagai alat
bantu kerja, memudahkan melaksanakan pekerjaan, memberikan keuntungan terhadap
tenaga kerja, penggunaannya sangat tergantung kepada manusia, mempermudah
tercapainya tujuan hidup manusia.
- Methods (metode, cara kerja)
»
Tercapai atau tidaknya
tujuan sangat tergantung kepada cara melaksanakannya, dengan cara kerja yang
baik akan memperlancar dan mempermudah jalannya pekerjaan.
- Materials (bahan-bahan, perlengkapan)
»
Manajemen ada karena adanya kegiatan manusia
secara bersama-sama untuk mengurus material.
- Market (pasar)
»
Fungsi pasar (penting) untuk memasarkan
barang-barang hasil produksi sesuatu kegiatan usaha, pasar penting dikuasai,
demi kelangsungan proses kegiatan badan usaha atau industri.
Fungsi Manajemen
a) Planning (Perencanaan)
↔
Sebelum melakukan sesuatu manajer
memikirkan apa tujuan organisasinya, bagaimana mencapainya, bagaimana sumber
dayanya, kapan selesainya.
b) Organizing (Pengorganisasian)
↔
Bagaimana manajer mengelompokkan
kegiatan-kegiatan yang ada dlm organisasinya, menempatkan orang-orang dan mengalokasi sumber daya.
c) Actuating/Directing (Pengarahan)
↔
Bagaimana manajer mempengaruhi bawahan
agar mau bekerja dlm mancapai tujuan organisasi.
d) Controlling (Pengawasan dan pengendalian)
↔
Bagaimana manajer mengawal seluruh
aktivitas dlm organisasinya agar tetap berada pada jalur yang benar (on the
right track).
þ Seseorang yang tanggung jawab utamanya melaksanakan proses
manajemen
þ Seseorang yang merencanakan dan membuat keputusan ,
mengorganisasikan, memimpin, dan mengendalikan sumber daya manusia, finansial,
fisik dan informasi.
- Top Managers
ϋ
Sekelompok kecil eksekutif
yang mengelola keseluruhan organisasi, mereka menciptakan tujuan organisasi,
strategi pencapaian dan kebijakan operasional (CEO, Pres Dir)
- Middle Managers
ϋ
Kelompok manajer yang
paling banyak dlm organisasi, bertanggungjawab untuk mengimplementasikan kebijakan dan rencana yang
dikembangkan oleh manajer puncak serta untuk mengevaluasi, supervisi dan mengkoordinasikan pekerjaan manajer
bawahannya.
- First-Line Managers
ϋ
Mengawasi/supervisi dan
mengkordinasikan aktifitas karyawan
- Marketing Managers
ü Bekerja pada bidang yang berhubungan dengan fungsi pemasaran
(pengembangan produk baru, promosi, distribusi, jaringan klien, konsumen)
1 2. Financial Managers
ü Terutama berhubungan dengan pengelolaan sumber daya keuangan
(acounting, manajemen kas, investasi)
- Operations Managers
ü Berurusan dengan penciptaan dan pengelolaan sistem yang
menciptakan produk / jasa perusahaan (pengendalian produksi, pengendalian persediaan,
pengendalian kualitas, lay out pabrik dan pemilihan lokasi)
- Human Resource Managers
ü Bertanggung jawab untuk menerima dan mengembangkan karyawan (
human resource planning, recruiting and selecting employees, training and development,
designing compensation and benefit systems, formulating performance appraisal
systems, and discharging low-performing employees.)
- Administrative Managers
ü Lebih bersifat umum, akrab dengan semua bidang manajemen dari
pada berspesialis pada satu bidang
- Other Kinds of Managers
ü Sesuai
dengan bidang usaha/tujuan organisasi ( Public relations managers, R & D
managers etc).
ü Technical
Skill
ü Keahlian yang diperlukan untuk menyelesaikan atau memahami jenis
kerja tertentu yang dilaksanakan dalam suatu organisasi
ü Conceptual Skill
ü Kemampuan untuk memahami dan memandang organisasi sebagai satu
kesatuan.
ü Bagaimana semua bagian dlm
organisasi bisa berjalan bersama melalui keputusan yang berbasis pada
kepentingan keseluruhan organisasi
ü Human Skill
ü Kemampuan untuk memahami, memotivasi dan berkomunikasi dengan
individu maupun kelompok
Keputusan Manajemen
Ÿ Science of
Management
û Banyak masalah manajemen diselesaikan dgn cara rasional, logis,
obyektif dan sistematis
û Dgn menggunakan metode ilmiah masalah manajemen bisa
diselesaikan ( model kuantitatif dan berbagai teknik pengambilan keputusan
untuk memecahkan masalah).
Ÿ Art of Management
û Pemecahan masalah dan pengambilan keputusan sering juga diambil
atas dasar intuisi, pengalaman, insting dan pandangan pribadi.
û Dgn keahlian konseptual, komunikasi, manajemen waktu, seorang
manajer dpt memecahkan masalah yang kadang-kadang tidak bisa dipecahkan dgn
dasar ilmu pengetahuan.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar
NAMA :
TEMPAT TINGGAL :
KOMENTAR :