Selasa, 23 Juli 2013

Puasa dan Kecerdasan Emosional


Katanya, puasa yang kita amalkan dengan baik dan benar bisamelatih dan mematangkan kecerdasan emosional kita.

Nah, sebelum kita bicara tentang Kecerdasan Emosional, kita beretanya dulu: "Apa itu Emosi?"

Emosi adalah dorongan untuk bertindak, rencanaseketika untuk mengatasi masalah yang telah ditanamkan secara berangsur-angsur.Emosi dalam makna paling harfiah didefinisikan di dalam Oxford EnglishDictionary sebagai “Setiap kegiatan atau pergolakan pikiran, perasaan,nafsu, setiap keadaan mental yang hebat atau meuap-luap” Dalam menghadapi peristiwa, akan terjadikerjasama antara pikiran emosional dan rasional. Perasaan memiliki arti pentingbagi pikiran dan pikiran sangat penting bagi perasaan. Namun jika muncul nafsumaka keseimbangan itu akan berubah.

Kecerdasan Emosional atau yang biasa dikenal dengan EQ  (bahasaInggris: emotional quotient) adalah kemampuan seseorang untuk menerima, menilai, mengelola, sertamengontrol emosi dirinyadan oranglain di sekitarnya. Dalam hal ini, emosi mengacu pada perasaanterhadap informasi akansuatu hubungan. Sedangkan,kecerdasan (intelijen) mengacu pada kapasitas untuk memberikan alasan yang validakan suatu hubungan. Kecerdasanemosional (EQ) belakangan ini dinilai tidak kalah penting dengan kecerdasan intelektual (IQ).Sebuahpenelitian mengungkapkan bahwa kecerdasan emosional dua kali lebih pentingdaripada kecerdasan intelektual dalam memberikankontribusi terhadapkesuksesan seseorang.

Menurut Howard Gardner (1983)terdapat lima pokok utama dari kecerdasan emosionalseseorang, yakni mampu menyadari dan mengelola emosi diri sendiri, memilikikepekaan terhadap emosi orang lain, mampu merespon dan bernegosiasi denganorang lain secara emosional, serta dapat menggunakan emosi sebagai alat untuk memotivasi diri.

Ciri-ciri Kecerdasan Emosional:

a. Kendali Diri

Kendali diri adalah pengendalian tindakanemosional yang berlebihan. Tujuannya adalah keseimbangan emosi, bukanmenekannya, akrena setiap perasaan mempunyai nilai dan makna tertentu bagikehidupan manusia. Menurut Goleman, apabila emosi terlalu ditekan dapat membuatkebosanan, namun bila emosi tidak terkendali dan terus-menerus maka akan stres,depresi dan marah yang meluap-luap.

b. Empati

Menurut Goleman, Empati adalah memahamiperasaan dan masalah orang lain, berpikir dengan sudut pandang orang lain danmenghargai perasaan orang mengenai berbagai hal. Empati dibangun berdasarkankesadaran diri, semakin terbuka kepada emosi diri sendiri maka makin terampilkita membaca perasaan orang lain.

c. Pengaturan Diri

Goleman mengatakan bahwa, “Pengaturan diriadalah menangani emosi kita sehingga berdampak positif kepada pelaksanaantugas, peka terhadap kata hati dan sanggup menunda kenikmatan sebelumtercapainya suatu sasaran, mampu pulih kembali dari tekanan emosi”.

d. Motivasi

Motivasi adalah menggunakan hasrat kita yangpaling dalam untuk menggerakkan dan menuntun kita menuju sasaran, emmbantu kitamengambil inisiatif dan bertindak sangat efektif, serta untuk bertahanmenghadapi kegagalan dan frustasi.

e. Keterampilan Sosial

Keterampilan sosial adalah menangani emosidengan baik ketika berhubungan dengan orang lain dan dengan cermat membacasituasi dan jaringan sosial, berinteraksi dengan lancar, menggunakanketerampilan ini untuk mempengaruhi dan memimpin, bermusyawarah sertameyelesaikan perselisihan, dan untuk bekerjasama dan bekerja dalam tim.

Apakah anda sudah mengetahui manfaat darikecerdasan emosional anda?

Ternyata banyak sekali manfaat darikecerdasan emosi. Menurut Goleman, dengan kecerdasan emosi seseorang mampumemiliki kemampuan untuk melepaskan diri dari suasana hati yang tidakmengenakkan seperti marah, khawatir dan kesedihan. Hal ini akan membuatseseorang menjadi terkendali, dan dengan terkendalinya emosi sama terkendalinyadorongan hati. 

Dengan demikian orang yang cerdas emosinya akan dapat menjalanikehidupan dengan tenteram, bahagia dan wajar, karena dia dapat mengenali danmengelola emosi diri sehingga perilakunya dapat terkendali dan emosinya memberimakna yang lebih baik.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

NAMA :
TEMPAT TINGGAL :
KOMENTAR :